Update Data Demograsi/Wilayah

Nah, ini dia data lokasi/demografi yang sudah diperbaharui. Penambahan dan perubahannya ada pada kab. lebak-Banten, Kota Madiun_Jatim, Kab. Takalar-Sulsel dan Kab.Bireun_NAD. Mohon semua daerah mengupdate data ini dan bagi kawan-kawan yang meresa bahwa data kabupeten, kecamatan dan desa diwilayahnya belum sesuai atau belum masuk di database mohon segera mengirimkan daftaranya.

Langkah untuk update database wilayah adalah:

  1. Lakukan backup database terlebih dahulu dengan menggunakan fasilitas “Dump SQL Files..” dari program Navicate (Jangan mengabaikan langkah ini, karena jika eksekusi gagal ataupun berhasil bisa berakibat pada perubahan data anda!!!).
  2. Download file kys_m_lokasi.rar yang ada pada BOX file Kartini yang berada di kanan atas blog ini dengan cara langsung mengkilik file tersebut dan simpanlah di direktori komputer anda (Jika di komputer anda BOX Kartini belum terlihat file-nya maka download aja dulu file flash yang mendukung aplikasi ini. Caranya langsung aja click BOX Kartini dan komputer akan langsung mendownload file yang dibutuhkan).
  3. Jika Box File Kartini tidak terlihat list file yang bisa di click dan hanya tertulis click here to download plugin maka itu artinya anda perlu menginstall terlebih dahulu program Adobe Flash Player. Kalo anda tidak memiliki program installernya maka langsung aja click tulisan click here to download plugin dan selanjutnya ikuti langkah penginstalan sampai selesai.
  4. Setelah download berhasil maka ekstrak file tersebut dengan menggunkan program winrar atau winzip dan hasilnya menjadi file dengan nama kys_m_lokasi.sql (Isi file ini adalah printah program (script) mysql, jadi gak harus ngerti cara membacanya. Yang penting ikuti langkah-langkahnya aja ya).
  5. Lanjutkan langkah berikutnya dengan membuka program navicate dan aktifkan database ppwskia trus click kanan untuk menampilkan fitur Execute Batch File…
  6. Ketiga Dialog File muncul maka carilah file kys_m_lokasi.sql yang merupakan hasil ekstrak yang dilakukan pada langkah sebelumnya.
  7. Setelah ketemu maka pilih file tersebut dan tekan tombol OPEN untuk menjalankan perintah eksekusi file.
  8. Tunggu sampai proses berhasil atau muncul pesan “succsesfull..”
  9. Kalo sudah berhasil maka silahkan lihat hasilnya dengan membuka program kartini dan lihat daftar desanya.
  10. Oya, jangan lupa untuk memperhatikan alias mencermati data anda. Jika terjadi perubahan data yang menurut analisis anda data jadi berubah alias tidak sesuai maka BATALKAN kegiatan pada langkah-langkah diatas dengan menghapus lagi semua table dan silahkan gunakan kembali data lama anda dari backup data yang sudah dilakukan pada langkah 1.
  11. Segera beri koreksi atas kesalahan data yang terjadi dengan cara memberi komentar pada tulisan ini (Klik saja tulisan Tidak Ada komentar atau N komentar dibagian bawah tulisan ini. Jangan lupa menuliskan nama anda, email dan komentar anda).
  12. Kalo masih bingung juga silahkan email ke nurdin_yahya@yahoo.com atau call ke 085228036497.

Oya, untuk pak farhan di puskesmas Cipanas silahkan dicoba pak dan gak usah ragu dan sungkan kalo mo menghubungi langsung. InsyaAllah kami senang bisa bersinergi dan saling membantu.

Selamat Mencoba.

7 Tanggapan to “Update Data Demograsi/Wilayah”

  1. mok0 Says:

    dalam hal pemngembangan wilayah demografi, termasuk pengembangan wialayh desa, kecamatan, kabupaten, pengembangan puskesmas ???
    puskesmas kalwiro, wonosobo rencana tahun ini akan dipecah menjadi 2 puskesmas, puskesmas kaliwiro 1 dan 2.
    puskesmas kalwiro 1 meliputi 18 desa, puskesmas 2 meliputi 6 desa. data yang sudah tersusun di program ppwskia, bisa dipecah menjadi 2 puskesmas ?? bila bisa, berarti meringankan beban bidan 2 yang nantinya akan ikut di puskesmas kaliwiro 2, tidak lagi harus ngentry ulang dari awal. rencana desa yang akan ikut daerah cakupan kaliwiro 2 : lamuk, pucungkerep, pesodongan, gambaran, kaliguwo, ngasinan. mohon solusinya.

  2. ppwskia Says:

    Kapan mau diwujudkan pak moko? Kalo masalah seperti itu bisa diatasi kok pak. Jadi dalam hal ini memang puskesmas kaliwiro 2 tidak perlu mengentry lagi dari awal. Yang perlu dilakukan adalah penambahan satker ppwskia (puskesmas) dan pemindahan data desa cakupannya. Untuk penambahan hal ini, saat ini prosedur-nya dibuat dari pusat saja. Jadi mohon segera memberikan konfirmasi tentang kapan mulai pelaksanaannya dan data desanya apa saja. Nah, untuk hal ini nanti juga kita klarifikasi data dulu. Artinya kita sama-sama setuju melaksanakannya jika data Penelusuran PWS hasil migrasi-nya sudah benar.

  3. moko Says:

    wacana yang kami baca, kemingkinan pertengahan tahun ini sudah dilakukan pemekaran, karena gedung calon puskesmas kaliwiro 2, sudah siap. kepastiannya, nanti saya coba komfirmasi dengan dinas kesehatan kabupaten. hasilnya saya beritahu kemudian.

  4. normala hayati Says:

    assalamualaikum pak nurdi,
    saya bidan dari puskesmas sungai Nyamuk Kab. Nunukan pak. insya Allah, sy baru akan mencoba menggunakan pws kia “kartini” pada awal tahun 2013. di dinkes kab. nunukan belum menngunakan pwskia “kartini”, apakah kami di puskesmas sungai nyamuk boleh menggunakannya pak.
    masalah yang kami hadapi adalah puskesmas sungai nyamuk sdh mengalami perubahan wilayah kerja setelah ada pemekaran dan akan mengalami lagi setelah pkm baru dibangun (th. anggaran 2013). dari pemekaran yang lalu, wilayah kerja Puskesmas sei. nyamuk saat ini meliputi desa Masago, desa Lapri, desa seberang, desa pancang, desa sei. nyamuk, desa tanjung harapan, desa bukit aru indah, desa tanjung aru, desa padaidi, desa sungai manurung, desa tanjung karang, dan desa balansiku. mohon penjelasan selanjutnya .
    trimakasih sebelumnya.
    dari normala hayati.

  5. ppwskia Says:

    maaf baru meespon. Skrg ibu pake program kartini yang versi brp ya? soalnya skrg pengembangan kartini sdh ditangani depkes secara langsung sehingga proses ini sebaiknya koneksi langsung ke depkes. kalo ibu mau saya bantu, maka pertanyaan sederhananya tuk melihat versinya adalah apakah ibu masih bisa mengakses database lewat navicate? kalo ya maka saya masih bisa bantu.

  6. normala hayati Says:

    saya menggunakan kartini 2.1 pak, mohon bantuannya dalam merevisi pembagian desa
    trims sebelumnya

  7. Darli Yonhas Says:

    saya sudah berhasil login ke kab pringsewu dengan user admin. pada menu administrator saya melakukan hal hal sebagai berikut :
    1. menambah data satker pws
    2. menambah data demografi meliputi kecamatan (level 3) dan desa ( level 4)

    setelah semua saya melakukan hal diatas, saya menuju ke menu pelayanan puskesmas di sub menu data desa, saya tambah data desa tetapi saat memilih satker ppwskia (nama Puskesmas) isian selanjutnya nama desa tidak muncul ???????????????????
    pertanyaannya ????????mengapa desa yang saya input melalui data demografi diatas tidak tampil pada saat pengisian sub menu data desa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: