Koreksi Register Bumil

Kegiatan register bumil adalah kegiatan pemeriksaan kepada ibu hamil yang meliputi pemeriksaan beberapa indikator yakni:

  • Riwayat obstetrik (Gravida, Partus, Abortus, Hidup)
  • Rencana persalinan (Penolong persalinan, tempat persalianan, pendamping persalinan, transportasi persalinan, pendonor darah)
  • Berat Badan Sebelum Hamil
  • Tinggi Badan
  • HPHT
  • HPL
  • Persalinan Sebelumnya
  • Memiliki Buku KIA/KMS
Form Entry Register Bumil

Form Entry Register Bumil

Indikator berat badan sebelum hamil dan tinggi badan menetukan hasil perhitungan indeks masa tubuh (IMT) pasien dengan rumus IMT : Berat Badan Sebelum Hamil/(tinggi badan x tinggi badan). Terkait dengan adanya error pada kegiatan pengisian data register bumil apabila dilakukan pengisian BB sebelum hamil dengan pesan sintak error pada baris perintah SQL, dengan ini kami beritahukan bahwa file library (DLL) telah kami perbaiki.

Hasil trace kami pada program ternyata hal ini disebabkan karena belum di deklasikannya variable untuk penanda titik (.) dan titik koma (;) sebagai variable umum untuk menjalankan fungsi desimal separator. Namun begitu, sebenarnya error ini tidak muncul jika terlebih dahulu kita melakukan setting regional dan sistem currency dengan mengatur agar desimal separator koma diganti titik dan titik diganti koma. Untuk melakukan perubahan ini bisa dilakukan melalui control panel->Regional and Language Option.

Kalau langkah setting pada regional option masih membingungkan anda maka langsung saja mengupdate file pemeriksaan.dll yang ada pada box kartini. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Download file pemeriksaan.rar yang ada pada BOX KARTINI
  2. Setelah berhasil maka lakukan ekstrak file dengan menggunakan program winrar atau winzip. Untuk diketahui besarnya file pemeriksaan.rar adalah 673 kb dan setelah di ekstrak menjadi 2,3 Mb
  3. Hasil ekstrak file adalah file dengan ekstension dinamyc library (dll) atau file-nya bernama pemeriksaan.dll
  4. Copy file pemeriksaan.dll ke direktori c:\Program files\kartini. Jika ada alert yang mengatakan bahwa file tersebut sudah ada maka lakukan langkah replace atau kalau di window Vista anda pilih Copy and Replace.
  5. Jika sudah berhasil mengcopy maka silahkan anda coba hasilnya dengan melakukan entry data pada kegiatan register bumil, InsyaALLAH tidak ada error lagi tapi kalo masih ada error maka silahkan segera kemukakan kepada kami.

Selamat Mencoba dan kami mohon maaf atas adanya error ini. Terima Kasih.

Nurdin Yahya.

12 Tanggapan to “Koreksi Register Bumil”

  1. mok0 Says:

    terima kasih atas respons cepatnya terhadap faktor eror yang ditemukan.
    usulan :
    dalam usaha mempercepat proses memasukan data PNC, tolong pada fitur memasukan data PNC juga diberi fasilitas (allerat) seperti waktu memasukan data ANC, dan KN, “mau memasukan data untuk ibu yang sama”, bisa ?? kami tunggu secepatnya.

  2. ppwskia Says:

    Sabar ya pak. itu sebenarnya sdh dikerjakan hanya blm sy posting. Insya4JJI smp jogja sy upload file-nya.

  3. Farhan Herli Says:

    assalamualaikum… nanya lagi.. tiap kali dilakukan perubahan pada “persalinan ibu”. Laptop saya selalu aja ngomel = “warning.!!data persalinan sudah tercatat ! “. (artinya, perubahan pada data persalinan tidak terlaksana). gimana ini, suhu ??

  4. ppwskia Says:

    Coba saya cek dulu ya pak farhan. Kalau saya baca kasusnya ini ceritanya lagi ng-update data persalinan terus gak berhasil dan pesan yang muncul adalah DATA PERSALINAN SUDAH DICATAT. Begitu, maksudnya ya pak?
    Oya, btw sudah di download file lap. imunisasi pak? Mohon coba di cek lagi ya pak? Apakah masih ada ketidak cocokan dan lain sebagainya. Besok saya kasih jawaban tentang fitur persalinan Ibu.

    Salam,
    Nurdin Yahya

  5. ppwskia Says:

    Pak Farham, coba download file persalinan.rar yang ada di BOX KARTINI dan lakukan ekstrak dg winrar ato winzip jika sudah berhasil di download. Setelah itu hasil ekstraknya yang berupa file dengan nama persalinan.dll kemudian di copy ke c:\Program Files\Kartini. Silahkan mencoba pak.

    Salam,
    Nurdin Yahya

  6. Farhan Herli Says:

    ssiiipppp, dah..makasih kali lagi. suhu emang cepat tanggap..
    Sbg bahan laporan. : Sudah di Dload: lokasi, modul & lap.imun, pemeriksaan, persalinan. semua sukses.
    lalu bgmana dg usulan mas mok0, ttg PNC ? sy juga, tuju banget, tuh.
    dah ah, komentarnya …… (tar dikiranya sy ga pernah kerja).

  7. nurdin yahya Says:

    Coba Download file pnc.rar dan pnc_bayi.rar yang ada di Box Kartini terus di ekstrak kemudian di file pnc.dll dan pnc_bayi.dll hasil ekstrak di copy ke c:\program files\kartini. Untuk langkah pengamanan saja sebaiknya jangan di replace file-nya. Jadi rename dulu file pnc.dll dan pnc_bayi.dll (yang lama) menjadi pnc_old.dll dan pnc_bayi_old.dll. Maksudnya kalo ada kesalahan pada file yang baru bisa menggunakan file yang lama.

    Salam,
    Nurdin Yahya

  8. Farhan Herli Says:

    atu lagi,nih…kalo ga salah, di fitur pemeriksaan bayi & balita, ga ada diagnosa peny. hingga pd lap.PWS-Balita Sakit=0. walo demikian, sy rasa program kartini dah makin keren and muantap(maksudnya lebih nyaman di-entry)…. Buat rekan2 se-DO dan se-tanah air, yg blm sempat upgrade, diam aja dulu…biar banyak error-nya… biar ada mini university lagi, apalagi kalo diseleggarakan di bali, lebih muantaaappfffvvv…..

  9. ppwskia Says:

    betul juga tuh ide pak farhan. Kalau mau di ikuti sebenarnya banyak banget yang masih harus di lengkapi. Tapi,kayaknya saya juga butuh istirahat dulu nih. Mau riset ngembangin program yang lain dulu ah… atau liburan dulu🙂 Jadi tuk sementara menghilang dulu dari peredaran.

  10. Sajiramekar Says:

    terima kasih kepada pak parhan dan semuanya yang sudah berusaha untuk kemajuan di daerah atas usaha untuk mengembangkan program kartini ini, yang saya rasa akan banyak manfaatnya bagi kita semua, khususnya untuk penanganan kesehatan masyarakat kita. trims…

  11. sambas Says:

    makasih pak,, atas koreksinya,,,

  12. moko Says:

    terima kasih kepada tim fasilitator programer (nurdin cs red) yang telah memberikan up date yang kami tunggu-tunggu. mudah mudahan dengan up date an ini, bisa lebih mempercepat kami dalam memasukan data KIA, sehingga laporan yang dibutuhkan oleh DKK bisa lebih tepat waktu, surveilen tanggap darurat bisa dideteksi sedini mungkin dengan bantuan software kartini. hidup PWS KIA, hidup Kartini-kartini bangsa !!!
    kita tunggu perkembangan lebih lanjut, tindak lanjut dari direktorat ibu dan anak (terutama direktorat anak) untuk pengembangan software Kartini, unutk kesehatan anak, yaitu pengembangan fitur laporan anak, penjelasan indikator kesehatan anak, dll.
    terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: