Fitur simpus di PPWSKIA

Maaf banget untuk kawan-kawan semua karena belakangan ini blog PPWSKIA terlihat kurang aktif. Ini semua karena kami sedang mengembangkan fitur baru pada program kartini yakni fitur program simpus dan laporan gizi (berdasarkan konsep NHCS).
Hayoo… siapa yang berminat mencoba fitur-fitur simpus yang terintegrasi dengan program kartini? Kami sudah berhasil melakukan pengembangan fitur simpus di program kartini terutama untuk pemeriksaan rawat jalan yang meliputi:
Modul klinik:
– Pendaftaran pasien baru
– Register pesien (IRJA, IRNA)
– Pemeriksaan klinik (Anamnesa,Diagnosa,Tindakan,Terapi)
– Laporan Register Pasien
– Laporan Penyakit (LB.1)
– Grafik 10 Penyakit
– Grafik Kunjungan Pasien
Modul Apotek:
– Penerimaan Obat
– Mutasi Obat
– Resep Pasien (IRJA,IRNA)
– Distribusi Obat
– Laporan Kartu Stok
– Laporan Stok
– LPLPO

Program ini juga bisa dijalankan dengan konsep jaringan (client-server) dan juga terintegrasi antar bagian. Laporan dan semua data transaksi di puskesmas juga bisa langsung terintegrasi dalam laporan dinas. Kita optimis dalam beberapa pekan, fitur untuk rawat inap dan pemeriksaan penunjang (Lab dan radiologi) akan segera selesai.
Oya, satu hal yang prinsip disini adalah bahwa pengembangan fitur simpus di program kartini tidak dimaksudkan untuk me-replace program serupa yang sudah berjalan didaerah. Tapi kalo yang belum memiliki tentu gak ada masalah dan kami berharap bisa muncul kerja sama yang akhirnya dapat diwujudkan sistem informasi kesehatan yang terintegrasi di tingkat kabupaten.
Untuk daerah yang sudah memiliki program simpus namun berminat untuk menggunakan program kartini tidak perlu khawatir untuk proses integrasi datanya. Di program kartini juga sedang dikembangkan fitur untuk komunikasi data antar aplikasi yang berbeda yang memungkinkan interaksi antar program. Lain waktu akan kami ulas sendiri tentang teknologi komunikasi data yang memungkinkan interoperabilitas antar aplikasi bisa berjalan secara baik.
Spesial untuk cik kim, kami mohon maaf jika pengembangan aplikasi kartini menyebabkan masalah baru terhadap proses implementasi di daerah anda. Sekali lagi maaf… Namun untuk ide sinkronisasi saya kira itu bukan ide yang tidak mungkin. Mengikuti slogan salah satu parpol, kita bisa mengembangkan bersama-sama tentunya dengan lebih cepat, lebih baik. Untuk Pak Satrio dan Bu Ani dan Pak Moko terima kasih atas dukungannya.

Nurdin Yahya
Jogjakarta, 085228036497

5 Tanggapan to “Fitur simpus di PPWSKIA”

  1. sambas Says:

    wah… hamdulillah kalo program lain bisa terintegrasi di kartini,,, say dukung pisan palagi untuk aplikasi apotek… al nx selain op. data saya juga penanggung jawab gudang farmasi… makasih…. tapi gmana caranya ya,,,?

  2. moko Says:

    untuk laporan billing keuangannya bagaimana ?? kan dipuskesmas pasien juga bayar…
    untuk laporan kunjungan pasien (jamkesmas, askes, bayar, gratis, ) dan rekap aporan pemakaian obat harian (yang secara manual dibuat kolom: nama obat, tanggal pengeluaran obat (1-31, tergantung jumlah hari dalam satu bulan berjalan), sudah dibuat belum yaa???
    cara memperoleh program kartini yang sudah adah fitur tambahannya ini, caranya bagaimana yaa??

  3. ppwskia Says:

    Pak sambas itu di daeraha mana? Tuk fitur lengkap simpus ini baru akan dirilis mei 2009. Skaligus fitur integrasi data simpus+pws di tingkat kabupaten. Saat ini kami sedang proses negosiasi untuk mengujicobakan di salah satu puskesmas di jateng. Tapi yang jelas bukan di wonosobo pak moko karena didaerah wonosobo sudah ada simpus yang dikembangkan dan kita juga tidak mau ada kegiatan yang kontraproduktif untuk pengembangan IT disana. Untuk modul Rawat Inap alhamdulillah sudah kami selesaikan dan skrg mau mengembangkan untuk kassa atau pembayaran pasien. Untuk implementasi saya kira butuh koordinasi dan evaluasi terlebih dahulu dengan banyak pihak. Untuk saat ini, kalo sekedar ingin melihat fitur, lingkup transaksi, laporan dan integrasi datanya dapat kami kirimkan secara personal kepada data operator yang masuk dalam kelas C di Mini University Bandung.

  4. sambas Says:

    say di pkm sagalaherang,,, subang,,, kalo boleh minta sample nya… biar bisa nyoba2…

  5. sambas Says:

    matur nuwun k kru ppws atas responnya yang cepat,,, atas keluhan kami,,, terutama pak yatno… makasih mas, akhirnya hati lega,,, tadinya takut data saya hilang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: